Senin, 20 Juni 2011

Bagaimana Cara Memilih Toilet

Selamat tinggal tampilan datar dan fungsional! Sekarang ini desain merupakan kunci jika anda melakukan pilihan dari berbagai perlengkapan toilet yang ditawarkan. Pilihlah model yang ramping yang terlihat bagus dan pas tanpa terlihat menonjol pada ruang yang tersedia. Dan bila anda belum memilikinya, pertimbangkan untuk memasang bidet yang merupakan fasilitas membersihkan diri tambahan yang sangat baik.

Banyak lubang toilet terbuat dari keramik bening dan memiliki berbagai desain sehingga banyak faktor yang harus dipertimbangkan ketika melakukan pilihan. Apakah tangki air sebaiknya tersembunyi atau kelihatan? Apakah anda menginginkan model yang menempel di dinding atau yang "berdiri"? pertimbangkan model apa yang paling sesuai dengan kebutuhan anda dan ruangan yang tersedia.

PILIHAN JENIS TOILET

Secara tradisional, tangki air dipasangkan dengan bak penampung, ditempatkan pas diatasnya atau dihubungkan dengan pipa penyiram (flush).

Alternatif bijaksana adalah model back-to-wall. Tangki air tersembunyi di balik dinding atau furnitur yang sesuai untuk mendapatkan efek ramping. Dudukan dipasang tepat menyandar ke dinding atau di furnitur. Desain ini memberikan efek rapi, ideal untuk kamar mandi berukuran kecil. Kalau anda membangun tembok "palsu" untuk menutupi tangki air, berikan sedikit jarak sehingga ada ruang antara tembok asli dengan tembok "palsu" tersebut. Kalau anda menaruh lemari disitu dengan pintu geser, maka anda akan memiliki tempat penyimpanan untuk sikat toilet dan kertas tisu.


Jika ruangan sangat terbatas, carilah tangki air dan toilet sudut di toko.

Model yang bergantung di dinding memberikan tampilan minimalis yang bersih. Tangki air juga tersembunyi di dinding. Sementara dudukan menonjol keluar sedikit dari dinding di atas ubin. Ini memberikan keuntungan karena anda dapat mengatur ketinggian dudukan sesuai keinginan anda. Hal ini juga membuat ubin mudah dibersihkan serta memberikan efek ramping dan rapi. Pastikan dinding penyangganya cukup kuat untuk menahan struktur toilet dan orang yang akan mendudukinya.

DESAIN TOILET

Dududkan toilet tersedia dalam berbagai gaya dan finishing. Pilihan standar adalah plastik bentukan atau campuran kayu. Untuk yang sedikit mewah, ambillah yang berasal dari kayu alami, misalnya kayu jati, mahogani, atau pinus. Bibir toilet yang dibungkus memberikan kesan rapi. Namun kalau anda ingin sedikit funky, ada banyak dudukan dengan pilihan warna beragam, yang dapat anda pilih.

Casing plastiknya pun beraneka ragam, mulai dari gambar ikan sampai bunga. Tangkai tangki air biasanya menonjol di samping atau di depan, tapi bisa juga berupa tombol di atas tangki atau pada dinding penyangga di belakang. Penggunaan flush harus mengikuti aturan penggunaan air. Flush ganda, yang menghabiskan jumlah air yang lebih sedikit tergantung dari kebutuhan, merupakan pilihan yang ramah lingkungan.

TIPS BELANJA TOILET

1. Pertimbangkan siapa yang akan menggunakannya ketika anda memilih dudukan toilet. Untuk keamanan anak kecil, pertimbangkan desain yang dapat dibuka dan ditutup secara perlahan. Dudukan yang sedikit lebih tinggi cocok untuk orang tua.

2. Ingat bahwa harga model toilet yang anda pilih belum termasuk tangkai tangki airnya.

Sumber: Majalah IDEA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar